Macam Macam Hewan Ternak Paling Menguntungkan

Tags
Macam macam hewan ternak - Salah satu peluang usaha yang saat ini banyak dibidik oleh pelaku usaha adalah beternak. Sejak zaman dahulu beternak sudah dilakukan oleh nenek moyang kita mulai tapi hanya dilakukan dengan sederhana dan dalam jumlah kecil. Hasil dari peternakan yang dilakukan dengan sederhana tentu berbeda dengan usaha ternak profesional.

Seiring dengan perkembangan teknologi, usaha peternakan tidak hanya bisa dilakukan dengan sederhana, akan tetapi bisa dilakukan dengan mewah dan cepat panen dalam waktu singkat. Misalnya saja ternak ayam ras, dengan bibit super, penanganan kesehatan yang mumpuni dan penyediaan pakanan bergizi hanya dalam waktu 40 - 50 hari ayam sudah bisa dipanen.

Karena saking banyaknya usaha ternak yang dilakukan oleh masyarakat di negara kita, ada diantara para pelaku usaha yang bingung untuk menentukan hewan apa yang akan mulai diternak. Memang jika dilihat sisi kelebihan dan kekurangan semua jenis ternak mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri - sendiri. Maka dari itu Anda harus pandai - pandai membaca situasi kira - kira ternak apa yang paling cocok untuk dijalankan di wilayah Anda.
Macam Macam Hewan Ternak


Macam Macam Hewan Ternak


Sebagai bahan referensi kali ini kami akan tuliskan beberapa jenis hewan yang bisa dijadikan sebagai usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil. Memang tidak ada yang pasti dalam sebuah usaha, bisa untung bisa rugi, tergantung kehendak Sang Maha Pencipta. Namun dengan kesungguhan yang mantap dibarengi keahlian yang cakap kita yakin pasti akan manis pada akhirnya, seperti kata pepatah " berakit rakit ke hulu - berenang renang ketepian, bersakit sakit dahulu - bersenang senang kemudian"

Kembali ke topik bahasan yaitu macam macam hewan ternak yang bisa dijalankan dengan mudah dan hasil menjanjikan. Berikut akan kami tuliskan beberapa contoh peternakan yang banyak dijumpai di tanah air kita dan terbukti mampu mengangkat perekonomian keluarga. Silakan Anda pilih mana yang cocok dan sesuai dengan hobi Anda

1. Beternak ayam


Banyak jenis ayam yang diternak oleh masyarakat Bangsa kita, mulai dari ayam pedaging, ayam petelor, ayam hias, ayam bangkok dan lainnya. Sekilas mengenai peternakan ayam silakan simak ulasan berikut ini..

➧ Ternak Ayam Pedaging


Untuk menjalankan usaha ternak ayam pedaging Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan ayam pedaging yang saat ini sudah banyak tersebar di berbagai wilayah hingga ke pelosok negeri. Anda tinggal menyediakan tempat dan kandang sesuai dengan persyaratan yang dibuat oleh perusahaan maka Anda akan dibantu kelancaran peternakan mulai dari bibit, obat - obatan dan pakan ternak. Setelah dipelihara dalam waktu selama 40 hingga 50 hari ayam sudah siap dipanen dan pemasarannya sudah dilakukan oleh pihak perusahaan sehingga Anda tidak dipusingkan dengan pemasarannya.

➧ Ternak Ayam Petelur


Usaha ternak ayam petelur tergolong peluang usaha yang tidak bisa diremehkan karena kebutuhan masyarakat terhadap telur ayam kian hari kian meningkat. Untuk menjalankan bisnis ternak ayam petelur Anda bisa memulai kecil - kecilan terlebih dahulu. Setelah Anda hafal tentang seluk beluk ayam petelur silakan ditambah sesuai dengan keinginan. Agar tidak memerlukan banyak lokasi Anda bisa membuat kandang sistem batre dengan posisi bertumpuk.

➧ Ternak Ayam Bangkok


Ayam bangkok termasuk salah satu macam hewan ternak jenis ayam aduan yang hingga sekarang masih banyak diminati oleh para pecinta ayam. Bentuk tubuh yang kekar dan perawakan mantap mampu membuat para pecinta ayam jatuh hati dan berani membayarnya dengan harga yang cukup mahal. Kunci dari peternakan ayam bangkok adalah indukan yang bagus dan perawatan rutin.

Ketika Anda berhasil mendapatkan indukan yang bagus, bibit bangkok yang dihasilkan pun cukup bagus. Perlu Anda ingat bahwa ternak ayam bangkok itu yang dibutuhkan bukan kuantitasnya tapi kualitasnya. Semakin berkualitas ayam yang Anda pelihara semakin besar pula peluang Anda untuk meraup keuntungan yang besar.

2. Beternak kambing


Macam macam hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat bangsa kita terkadang membuat para pelaku bisnis bingung untuk membidik ternak apa yang paling cocok untuknya. Kambing merupakan hewan ternak yang cukup mudah untuk dipelihara dan mampu menyumbangkan keuntungan yang cukup besar bagi tuannya.

Bagi Anda yang hidup di daerah pedesaan, tak ada kendala untuk memelihara kambing karena masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai kandang kambing. Akan tetapi bagi anda yang hidup di daerah perkotaan terkadang merasa kesulitan untuk mendapatkan kandang kambing yang cocok dan sesuai harapan.

Cobalah untuk merubah pola pikir pesimis menjadi optimis. Jika saat ini Anda hidup di daerah perkotaan dan jarang orang yang beternak kambing berarti ini adalah peluang empuk bagi Anda untuk menjadikannya sebagai mesin uang. Mengapa demikian ? karena pesaing Anda hanya sedikit. Coba perhatikan pada saat hari kurban, banyak sekali hewan kurban yang di datangkan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban. Jika Anda punya peternakan di kota, saya yakin konsumen akan lebih dulu datang ke tempat Anda daripada harus menunggu datangnya hewan dari kampung.
baca juga : ternak menguntungkan di lahan sempit

3. Beternak kelinci


Kelinci termasuk macam hewan ternak yang masih jarang dibidik orang. Jika Anda senang dengan kelinci, cobalah untuk mengembangkan hobi Anda menjadi sebuah aktivitas menyenangkan yang bisa menghasilkan uang. Kelinci hias merupakan jenis kelinci yang paling cocok untuk diternak karena mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Untuk menjalankan ternak kelinci Anda tidak harus memiliki keahlian khusus, hanya perlu ketelatenan dan keuletan, ilmu perawatan kelinci akan Anda peroleh seiring dengan berjalannya waktu.

Itulah macam macam hewan ternak yang bisa Anda jalankan dengan mudah dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. Silakan pilih yang sesuai dengan keinginan Anda dan semoga sukses

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan