Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Tips Sederhana

Anak susah makan makan memang membuat orang tau bingung. Berbagai macam cara untuk mengatasi anak susah makan akan diterapkan guna meningkatkan nafsu makan anak. Tak peduli harus mengeluarkan biaya berapa, orang tua akan menempuhnya dengan harapan anak selalu sehat dan mempunyai berat badan ideal.

Ibu adalah sosok orang tua yang biasanya lebih perhatian terhadap nafsu makan anak. Tak heran jika segala macam cara dilakukan oleh ibu agar si anak dapat makan banyak. Namun karena kurangnya pengetahuan, banyak ibu yang salah salah dalam memperlakukan anak yang susah makan. Walhasil nafsu makan anak tak bertambah justru semakin merosot.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan kepada Anda mengenai beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan untuk mengatasi anak yang susah makan dengan cara - cara sederhana. Silakan simak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya
Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan


Nafsu makan anak menurun ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor psikis maupun fisik. Faktor psikis yang membuat nafsu makan anak turun ada banyak, misalnya keadaan rumah tangga yang sering bertengkar, suasana makan membosankan, anak sering mendapat paksaan dari orang tau untuk makan dan lain -lain. Sedangkan dari faktor fisik penyebabnya antara lain adalah adanya gangguan pada organ pencernaan anak, sariawan dan sakit tenggorokan. Untuk meningkatkan nafsu makan anak silakan ikuti tips berikut ini.

Porsi Makan Sedikit


Porsi maka yang dibuat terlalu banyak membuat anak menjadi bosan dan malas untuk makan. Selain itu, lambung anak masih kecil sehingga tidak mampu mewadahi makanan yang terlalu banyak. Oleh sebab itu salah satu cara untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan menyajikan porsi makan kecil untuk si anak.

baca juga : cara menghilangkan mual saat hamil

Menu Makan Menarik


Anak sulit makan terkadang disebabkan karena rasa bosan terhadap makanan yang hanya itu itu saja. Cobalah untuk membuat variasi menu makanan yang berbeda - beda dan menarik hati anak. Bila perlu tanyakan pada sang buah hati "kamu ingin makan apa nak ?" dan turuti keinginannya. Jangan pernah memaksa anak untuk mengkonsumsi makanan yang dibenci karena bisa membuatnya semakin sulit makan.

Suasana Makan Menyenangkan


Walaupun makanan yang dihidangkan menarik dan enak namun jika suasana tidak menyenangkan juga mengurangi nafsu makan anak. Ingat ! anak kita itu masih hidup dalam dunia anak, bukan orang dewasa. Anak kita akan lebih menyukai suasana menyenangkan daripada makan makanan yang rasanya enak. Untuk itu buatlah suasana makan anak sesuai dengan kesenangan si anak.

Makan Teratur


Makan teratur bisa diterapkan sebagai cara mengatasi anak susah makan. Waktu makan yang dibuat teratur bisa membuat anak terbiasa untuk melakukannya dengan tertib. Tak hanya waktu makan, sebaiknya Anda juga membuat jadwal waktu anak untuk melakukan rutinitas harian seperti mandi, istirahat, tidur dan lainnya.

Jangan Paksa Makan


Ketika anak kita susah untuk makan, Anda tidak perlu memaksanya karena paksaan yang Anda berikan justru membuatnya semakin malas untuk makan. Anda bisa menggunakan cara lain untuk meningkatkan nafsu makannya, jangan dimarahi. Hati anak masih sangat labil, jika terkena omongan yang tak enak didengar bisa membuatnya semakin berbuat sesuka hati.

Ajak Anak untuk Menyiapkan Makanan


Kejenuhan anak bisa Anda hilangkan dengan mengajaknya menyiapkan makanan. Dengan diajak mempersiapkan menu makanan bisa membuatnya lebih semangat dalam hal makan. Kunci dari cara mengatasi anak susah makan adalah membuatnya senang dan tak bosan terhadap makanan, jadi kalau Anda bisa menyenangkan hatinya kemungkinan besar Anda berhasil. Kecuali kalau susah makan anak itu disebabkan karena sakit tenggorokan, sariawan atau masalah pencernaan, Anda harus segera membawanya ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
baca : penyebab sariawan dan cara mengatasinya
Itulah sedikit tips dan cara untuk mengatasi anak susah makan. Semoga dengan penjelasan singkat di atas masalah yang saat ini Anda hadapi bisa segera kelar.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan