Budidaya Ikan yang Menguntungkan dan Mudah Perawatannya

Tags
Budidaya ikan yang menguntungkan - Usaha ternak pada saat ini merupakan salah satu peluang usaha yang sangat diminati oleh masyarakat baik sebagai usaha sampingan maupun sebagai usaha pokok. Salah satu di antara sekian banyak jenis usaha ternak, budidaya ikan air tawar merupakan salah satu usaha peternakan yang banyak dimintai karena mudah dilakukan dan untungnya cukup besar.

Ada beberapa jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh peternak di Negara kita seperti ikan lele, ikan nila, ikan mas, gurame dan lain - lain. Semua jenis ikan tersebut sangat mudah beradaptasi sehingga tak butuh keahlian khusus dalam merawatnya. Ulet dan telaten adalah kunci dasar keberhasilan dalam menjalankan bisnis ini.
Budidaya Ikan yang Menguntungkan

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit gambaran tentang usaha peternakan ikan apa saja yang bisa dibidik sebagai penambah penghasilan. Anda bisa memilih salah satu diantaranya untuk ditekuni, ingat ! ditekuni, bukan dicoba. Banyak para pengusaha yang kandas di tengah jalan karena hanya ingin coba - coba, maka saya tegaskan lagi "ditekuni" bukan "dicoba".

Budidaya Ikan yang Menguntungkan


Berikut ini adalah jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat di tanah air kita. Masing - masing dari jenis ikan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, jadi silakan Anda sesuaikan dengan minat dan keyakinan Anda.

1. Budidaya Ikan Lele


Budidaya ikan lele sangat mudah sekali perawatannya. Dengan bermodalkan kolam, bibit dan pakan ikan, Anda sudah bisa menjalankan usaha ini dengan baik. Lele merupakan jenis ikan air tawar yang mudah beradaptasi sehingga tak perlu banyak hal yang dilakukan saat bibit lele dimasukkan ke dalam kolam.

Coba survei ke pasar ikan di sekitar Anda dan lihat kebutuhan konsumen terhadap ikan lele banyak atau tidak. Jika Anda melihat permintaan konsumen cukup banyak maka peluang ini jangan Anda sia - siakan. Segera saja bidik usaha peternakan ikan lele untuk memenuhi permintaan konsumen itu. Bagaimana jika belum punya kolam ? jangan khawatir, Anda bisa membudidayakan ikan lele dengan terpal.

2. Budidaya Ikan Mas


Budidaya ikan yang menguntungkan berikutnya adalah budidaya ikan mas. Ikan mas dapat dibudidayakan dengan mudah dengan teknik pemijahan pakai ijuk. Setelah itu ikan mas dipelihara dalam kolam dengan kolam air deras, keramba, atau kolam tanah. Ikan mas sangat pas jika dibudidayakan di daerah beriklim tropis seperti negara kita. tak perlu waktu lama dalam pemeliharaan ikan ini, hanya butuh waktu sekitar 4 hingga 5 bulan sudah bisa dipanen.

3. Budidaya Ikan Gurame


Jenis ikan gurame juga sangat cocok dikembangkan di daerah kita karena sangat diminati oleh masyarakat. Coba bandingkan harga menu ikan gurame dengan ikan lain yang dijual di warung makan di sekitar Anda, biasanya ikan gurame mempunyai harga jual lebih tinggi dibanding jenis ikan lainnya. Inilah peluang besar yang bisa Anda bidik sebagai usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Mengapa dalam waktu singkat sudah bisa memberikan untung ? karena Anda tidak diharuskan untuk memeliharanya hingga berbobot 5 kg, tapi cukup setengah hingga satu kg saja sudah bisa dipanen, bahkan lebih banyak dicari.

4. Budidaya Ikan Nila


Budidaya ikan nila bisa jadi sebagai Usaha ternak yang menguntungkan jika ditekuni dengan baik. Mengapa demikian ? karena pertumbuhan ikan nila sangat cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan sudah bisa dipanen. Selain itu, ikan nila juga termasuk jenis ikan yang cukup tahan terhadap serangan penyakit dan mudah untuk beradaptasi. Jika Anda sedang membidik usaha peternakan ikan, Anda bisa memilih ikan jenis nila atau jenis ikan yang lain sesuai dengan kondisi lingkungan yang cocok. Silakan cari pengalaman terlebih dahulu di peternakan ikan sekitar Anda untuk mencari kelemahan dan kelebihan dari masing - masing jenis ikan jika dipelihara di lingkungan Anda.

5. Budidaya Ikan Patin


Ikan patin bisa Anda jadikan sebagai usaha budidaya ikan yang menguntungkan karena minat dan permintaan konsumen cukup tinggi. Tak hanya laku di pasaran dalam negeri, ikan patin juga laku jual di pasar luar negeri. Untuk pemeliharaan ikan patin memang membutuhkan waktu yang lebih lama daripada ikan lainnya, yaitu butuh sekitar 6 bulan. Akan tetapi jika dilihat dari minat konsumen dan harga yang cenderung meroket Anda bisa membidik usaha ini sebagai peluang usaha ternak yang menjanjikan.

Itulah budidaya ikan yang menguntungkan dan mudah perawatannya. Semoga dengan sedikit ulasan di atas Anda bisa menemukan jenis usaha yang paling cocok untuk menuju sukses.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan