Diabetes Melitus Type 1 dan 2 Dan Cara Pencegahannya

Diabetes Melitus type 1 dan 2 dan Cara Pencegahannya -  Diabetes Melitus adalah penyakit yang disebabkan karena kelebihan glukosa / gula darah dalam tubuh melebihi batas normal dan fungsi insulin terhambat. Pankreas akan menyekresikan hormon insulin pada saat gula darah meningkat. Kekurangan Insulin atau kegagalan reseptor untuk merespon insulin dengan baik, disebut dengan resistensi insulin.

Diabetes Melitus type 1 adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan jumlah insulin yang disebabkan karena pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Diabetes melitus type 1 ini bisa menyerang pada manusia di semua usia, mulai dari anak - anak hingga dewasa.

Penanganan untuk jenis diabetes ini adalah dengan menyuntikkan insulin ke dalam tubuh. Orang yang menderita diabetes type 1 ini harus mendapat asupan insulin lewat suntikan, jika tidak maka gula darah akan meningkat kuat sehingga sangat membahayakan tubuh. Tidak jarang penderita diabetes jenis ini yang mengalami sekarat karena pemberian insulin yang terlambat.
Diabetes Melitus Type 1 dan 2

Diabetes Melitus tipe 2 adalah kondisi dimana insulin bisa diproduksi oleh tubuh, namun reseptor untuk insulin tidak bisa bekerja dengan baik. Diabetes type 2 ini biasa menyerang pada manusia di usia 40an tahun. Orang yang mengalami kegemukan / obesitas sangat beresiko terserang diabetes jenis ini.

Selain itu, diabetes type 2 terkadang terjadi karena faktor keturunan, jika orang tua mengalami penyakit diabetes jenis ini, maka kemungkinan besar anak juga mengalaminya. Orang yang mengalami ddiabetes type 2 ini biasanya diobati dengan menggunakan obat hipo glikemik oral, yaitu tablet yang diminum untuk mengurangi gula darah.

 Baca juga : Bahaya makan mie pakai nasi " beresiko terkena diabetes "

Pasien Diabetes  baik type 1 maupun type 2 sangat beresiko terserang penyakit jantung dan hiperlipidemia. Pasien Diabetes sebaiknya mengontrol gula darah dengan baik, karena mereka sangat rentan terkena penyakit. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh yang rendah penyembuhan luka yang jelek.

Pencegahan diabetes type 1

  • Menyusui
  • Menghindari Pengenalan Dini dengan Susu sapi
  • Menghindari perkenalan terlalu dini dengan makanan yang mengandung gluten
Pencegahan Diabetes type 2

  • Melakukan diet sehat ( terlalu gemuk sangat beresiko terserang penyakit ini )
  • Menjaga pola makan yang sehat
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi
Itulah Perbedaan diabetes melitus type 1 dan type 2 serta pencegahannya.  Semoga Artikel ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan