Cara Menghilangkan Rasa Mual Saat Hamil Muda

Cara Menghilangkan Rasa Mual Saat Hamil Muda - Siapa yang tak bahagia ketika melihat istrinya positif hamil ? umumnya sebuah keluarga sangat bahagia ketika sang istri positif hamil karena momen yang sangat ditunggu - tunggu akhirnya tiba. Akan tetapi, sang istri calon bunda si jabang bayi biasanya mengalami beberapa masalah seperti pusing, mual, muntah dan lemas ketika hamil muda.

Sesuai dengan judul artikel, kali ini kami akan membahas tentang rasa mual saat hamil muda. Wanita yang sedang hamil muda biasanya mengalami mual - mual, normalkah itu ? rasa mual saat hamil muda adalah hal wajar dan normal dialami oleh setiap wanita meskipun ada sebagian yang tidak merasa mual .

Rasa mual saat hamil muda itu disebabkan karena janin di dalam rahim  memperoleh asupan nutrisi dan lemak dari tubuh sang bunda. Cadangan lemak dalam tubuh yang berkurang itulah yang menyebabkan rasa mual. Meskipun mual tapi sebaiknya calon bunda tetap makan dan minum yang cukup, jangan sampai tidak mau makan. Jika malas makan nasi, anda bisa makan camilan, jangan  sampai mogok makan  karena janin perlu asupan nutrisi untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Namun jika anda hanya makan camilan terus, pasti muncul kekhawatiran akan kesehatan janin. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk menghilangkan rasa mual ketika hamil muda.
Cara Menghilangkan Rasa Mual Saat Hamil


Cara Menghilangkan Rasa Mual saat Hamil Muda

Berikut ini adalah rangkuman tips yangdapat Anda terapkan untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan morning sickness (mual muntah) bisa berkurang ..

Makan sedikit - sedikit namun sering

Untuk menghilangkan rasa mual sebaiknya anda makan dengan porsi kecil saja, karena makan dengan porsi besar justru bisa menambah rasa mual. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sang bunda dan calon buah hati, sebaiknya makan yang sering meskipun dalam porsi kecil

Memperbanyak makanan yang kaya protein dan karbohidrat

Roti, sayur serta buah yang banyak mengandung protein dan karbohidrat bisa mengurasi rasa mual  saat hamil. Makanan ini bisa anda temukan pada biskuit, roti, kentang dan lain - lain
[baca juga :  penyebab sering sariawan dan cara alami mengatasinya]

 Jangan buru - buru berdiri ketika bangun tidur

Pada saat bangun tidur di pagi hari, sebaiknya jangan langsung berdiri, tapi duduklah dulu dan rasakan apakah anda merasa mual atau tidak. Kalau tidak merasa mual silahkan lanjutkan   berdiri dan beraktifitas. Namun, jika merasa mual, makanlah biskuit barang sedikit sebagai penghilang rasa mual baru berdiri.

Kurangi makanan pedas dan banyak lemak

Makanan pedas dan berlemak bisa memperparah rasa mual saat hamil. Oleh karena itu kurangi jenis makanan ini, bahkan kalau memungkinkan supaya hindari.

 Perbanyak minum

Ketika mual pasti banyak cairan tubuh yang keluar. Memperbanyak minum air putih bisa mencegah terjadinya dehidrasi ( kekurangan cairan ). Selain air putih, anda bisa minum jus buah dengan sedikit gula. Sebaiknya jangan minum kopi dan teh.

Minum vitamin B6

Vitamin B6 bisa mengurangi rasa mual. Namun, sebelum anda konsumsi sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter tentang keamanan vitamin tersebut bagi janin yang anda kandung.

Minum wedang jahe atau premen jahe

Ternyata mengkonsumsi jahe mampu mengurangi rasa mual saat hamil muda dan aman bagi janin. Keterangan ini sesuai dengan hasil kajian para ilmuan  Australia. Tunggu apa lagi, segera minum wedang jahe.

Istirahat cukup, santai dan rilex

Jalani hari kehamilan Anda dengan santai dan rilex. Jangan panik dan stress dalam menjalani semua masalah yang Anda hadapi. Tanamkan rasa bahagia dan bersyukur dalam hati. Cobalah beristirahat cukup, mendengarkan lantunan ayat suci, mendengarkan musik dan lain - lain agar bisa tenang dan rilex.

Konsultasi ke Dokter

Terkadang vitamin kehamilan bisa menambah rasa mual, di sisi lain vitamin tersebut sangat anda perlukan. Solusinya, segera konsultasikan ke dokter sehingga mendapat saran terbaik. Selain vitamin kehamilan, mungkin dokter akan memberikan penanganan khusus untuk menghilangkan rasa mual anda.

Itulah cara menghilangkan rasa mual saat hamil muda yang bisa saya tulis. Tetap semangat, sabar dan bahagia ya calon bunda.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan