Ternak dan Budidaya kroto Hasilkan untung besar

Tags
Budidaya kroto merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak para penggemar burung berkicau yang menggunakan kroto sebagai makanan burung kesayangannya. Mereka rela merogoh kocek yang tak sedikit untuk membelikan pakan burungnya. Jangan heran kalau sekarang ini harga kroto kian melambung , yaitu berkisar antara Rp.100.000/kg - Rp 150.000/kg. Keadaan ini menjadi peluang bisnis bagi kita untuk meraup untung dari budidaya kroto.

Memang usaha ternak kroto adalah usaha yang tidak mudah, perlu kesabaran, ketelatenan dan keuletan dalam menjaankannya. Tanpa itu, usaha ternak kroto tidak akan berhasil bahkan bangkrut. Sekilas kita lihat memelihara semut rangrang sebagai indukan kroto itu mudah, namun pada kenyataanya semut rangrang perlu penanganan extra agar bisa rajin bertelur.

Pemberian pakan dan minum harus rutin, teratur dan bergizi, karena ini merupakan faktor penting dalam usaha budidaya kroto. Selain itu, sarang semut rangrang juga harus diperhatikan, jangan menggunakan sarang yang menjadikan semut tidak nyaman, karena bisa membuat semut stress dan tidak mau bertelur.
Ternak dan Budidaya kroto


Cara Budidaya Kroto


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah menata niat yang mantap, jangan ragu - ragu. Selanjutnya persiapkan media sebagai tempat untuk menetap dan bertelurnya semut rangrang. Rawat semut rangrang dengan baik dan panen kroto ketika sudah waktunya

Mempersiapkan tempat semut rangrang


Ada beberapa cara untuk menyiapkan tempat bagi semut rangrang, Berikut ini adlah gambaran singkat beberapa cara tersebut :

1. Budidaya Kroto Dengan  Media T0ple$


Bahan yang di butuhkan  untuk  beternak kroto dengan media t0ple$ adalah t0ple$ besar ukuran 10 liter dan nampan plastik besar. Lubangi bagian bawah t0ple$ dengan satu lubang besar. Lubang ini berfungsi untuk memasukkan semut rangrang ketika pertama kali. Kemudian beri lubang kecil pada samping kanan dan kiri t0ple$. Lubang ini berfungsi sebagai tempat keluar masuknya semut. Selanjutnya nampan plastik diisi dengan air sampai 1/2 bagian ( jangan terlalu penuh ). letakkan batu bata di tengah nampan lalu letakkan t0ple$ di atas batu bata. Setelah semut rangrang berhasil dimasukkan ke dalam t0ple$, tutup lubang besar di bagian bawah nampan dengan menggunakan lakban putih

2. Budidaya Kroto Dengan Media Botol


Bahan yang diperlukan untuk beternak kroto dengan media botol adalah botol air mineral. Caranya, botol dibuka tutupnya lalu ditata rapi pada rak yang telah disediakan sebelumnya. Kaki rak hendaknya diberi alas kaleng berisi campuran air dan oli agar semut tidak bisa kabur. Dengan menggunakan media botol air mineral, biaya untuk pengadaannya sangat murah namun kroto yang dihasilkan biasanya kurang maksimal karena terlalu terang. Semut rangrang akan merasa nyaman hidup dirumah yang gelap ( tidak terlalu banyak cahaya yang masuk )

3. Budidaya Kroto Dengan Media Pralon


Bahan yang diperlukan untuk beternak kroto dengan media pralon adalah pralon ukuran sedang. Caranya potong pralon dengan ukuran 20 cm lalau tata rapi dalam rak yang telah disediakan. Kaki rak hendaknya diberi alas kaleng berisi campuran air dan oli agar semut tidak bisa kabur. Dengan media pralon, semut rangrang akan lebih nyaman, sehingga produksi kroto bisa maksimal.


Perawatan Semut Rangrang


Sebelum membahas tentang perawatan semut rangrang, ada baiknya kita ketahui dulu tentang kerajaan semut rangrang.
Kerajaan Semut rangrang terbentuk atas 4 elemen, yaitu :

  • Ratu semut, cirinya :  bertubuh besar seperti tawon, inilah semut rangrang penghasil kroto paling banyak
  • Semut jantan, cirinya : tubuh kecil, warna kehitaman, hidupnya cuma sebentar
  • Semut pekerja ( semut betina yang sudah mandul ),cirinya : bentuknya lebih besar dari pada pejantan, bewarna kehitaman. tugasnya menjaga kroto
  • Semut prajurit, cirinya : seperti semut betina tapi warnanya merah dan sangat agresif. tugasnya adalah menjaga koloni semut rangrang dalam kerajaannya

Untuk merawat koloni semut rangrang diperlukan kesabaran yang extra. Beri pakan semut rangrang dengan makanan bergizi seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang dan sejenisnya. Jangan sampai telat memberi pakan, karena bisa berakibat fatal, yaitu semut stres sehingga tidak mau bertelur, kabur, memakan temannya sendiri dan bahkan mati.

Selain pemberian pakan bergizi, beri semut rangrang dengan air gula agar terpenuhi kebutuhan gizinya. Jangan menggunakan madu sebagai air minum, karena bisa berakibat jelek dalam jangka panjang. Selain makan dan minum, tempat tinggal semut rangrang jangan terlalu terang karena membuat ketidak nyamanan semut rangrang.

Panen Kroto


Setelah Anda bersabar dan bersusah payah dalam memelihara dan merawat semut rangrang, tiba saatnya Anda memanen kroto. Cara panen ada bermacam - macam, bisa dengan menuangkannya dalam ayakan, bisa dengan diinteri pakai tampah dan lain - lain. Silahkan Anda pilih mana yang paling cocok menurut diri Anda. Lebih jelasnya silahkan cari di youtube banyak. Dalam memanen kroto sudah dipastikan Anda terkene gigitan si semut merah, namun tidak apa - apa, karena gigitan semut merah yang sudah dipelihara tidak seganas yang masih liar

Demikianlah uraian singkat cara budidaya kroto, semoga artikel ini bermanfaat

1 komentar untuk artikel ini

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan