Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya secara Alami

Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok secara alami - Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia baik laki – laki maupun perempuan. Dengan memiliki rambut yang sehat dan lebat setiap orang pasti semakin tambah percaya diri. Namun sebaliknya, kalau ternyata rambut yang dimiliki tidak sehat, mudah rontok, apalagi kalau rontoknya parah maka kepercayaan diri seseorang pasti akan menjadi menurun.

Jika terjadi kerontokan rambut apa yang harus kita lakukan ? pasti kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya tidak peduli berapapun biaya yang harus dikeluarkan. Namun kita perlu hati – hati, jangan asal mencoba – caba obat penyubur rambut yang dijual di pasaran. Karena kalau kita hanya asal dalam menggunakan obat penyubur rambut, justru yang terjadi malah sebaliknya, kerontokan rambut akan menjadi semakin parah.

Masih banyak orang yang belum tahu penyebab rambut rontok, padahal dengan mengetahui penyebab rambut rontok, maka masalah kerontokan rambut akan segera bisa diatasi. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok yang harus anda ketahui

Penyebab-Rambut-Rontok-dan-cara-mengatasinya
image from pixabay

Penyebab Rambut Rontok


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Kalau rambut sudah gampang rontok, rasanya penampilan jadi gak percaya diri. Untuk itu, langkah awal dalam mengatasi rambut rontok adalah mengenali penyebabnya terlebih dulu. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok :

1. Rambut rontok karena Ketombe


Ketombe merupakan salah satu penyebab kulit kepala menjadi tidak sehat.  Rasa gatal di kulit kepala akibat ketombe sungguh menjengkelkan. Betapa tidak, kalau dibiarkan gatalnya bukan main dan kalau digaruk rambut bisa rontok parah. Untuk itu, kalau ingin punya rambut yang sehat dan tak gampang rontok, silakan segera atasi ketombe Anda . Bagaimana caranya ?

Baca : cara mujarab menghilangkan ketombe secara alami

2. Kulit Kepala Tidak Sehat


Kulit kepala adalah tempat tumbuh dan menempelnya akar rambut. Jika kulit kepala tidak sehat, akar rambut kurang mendapat nutrisi yang cukup, akibatnya rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Lantas, bagaimana cara agar kulit kepala kita sehat ? salah satu caranya adalah dengan keramas pakai shampo yang cocok dengan karakteristik kulit kepala.

3. Jarang keramas


Rambut yang jarang dikeramasi akan menjadi lembab dan berminyak. Sinar matahari menjadikan kulit kulit kepala berkeringat, dan keringat itu nanti akan terserap oleh folikel rambut, sehingga menjadikan rambut menjadi kumal dan mudah rontok. Ingat ! hendaknya Anda gunakan shampo yang sesuai dengan karakter kulit kepala Anda agar tidak gatal gatal.

4. Hair Dryer


Sering menggunakan hair dryer bisa mengakibatkan rambut menjadi kering dan mudah patah. Memang alat yang satu ini dapat membantu kita untuk segera mengeringkan rambut. Namun, pemakaian hair dryer terlalu sering dapat menjadi penyebab rambut rontok.

5. Rambut rontok karena obat tertentu


Rambut yang diberi obat dengan efek terlalu keras bisa mengakibatkan masalah pada rambut, yang berujung pada kerontokan. Apalagi kalau obat tersebut cara penggunaannya dengan didiamkan selama kurang lebih 30 menit, itu akan menjadikan kerontokan parah pada rambut. Cara yang lebih aman untuk mengobati masalah rambut adalah dengan menggunakan bahan alami.

6. Pengeriting Rambut


Pengeriting rambut bisa mengakibatkan rambut rontok, karena pada saat melakukan proses pengeritingan, rambut dililitkan pada alat pengeriting kemudian ditarik. Dengan demikian akar rambut akan tertarik, sehingga bisa mengakibatkan rambut rontok. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, saat mengeriting rambut hendaknya tidak ditarik dengan terlalu kuat.

baca juga : penyebab rambut bercabang dan cara mengatasinya

7. Bahan kimia


Bahan kimia bisa dijumpai pada semir / pewarna rambut. Jangan mewarnai rambut dengan obat pewarna berdosis tinggi karena bisa memicu timulnya kerontokan rambut. Bila anda ingin mewarnai rambut, saya sarankan untuk menggunakan pewarna rambut dengan bahan kimia yang rendah.

8. Hormon


Rambut rontok juga bisa disebabkan karena perubahan hormon. Ketidakstabilan hormon akan terlihat pada usia 30an tahun. Jadi jangan heran kalau ada orang yang semakin tua, kepalanya semakin botak. Itu adalah hal yang wajar.

9. Rambut diikat dengan kuat


Rambut yang diikat dengan kuat mengakibatkan akar rambut menjadi tertarik, hal itu bisa mengakibatkan terjadinya kerontokan  rambut. Oleh sebab itu jangan mengikat rambut terlalu kuat dan terlalu lama. Apabila rambut anda terlalu panjang, Anda bisa memangkas rambut agar mudah untuk diikat tanpa terlalu kuat.

10. Radikal bebas


Radikal bebas bisa disebabkan karena, sinar matahari, polusi udara dan bahan kimia yang ada disekitar kita. Jangan anggap kalau radikal bebas tidak mempengaruhi kesehatan rambut, justru pengaruh radikal bebas itu dapat menyebab berbagai macam masalah rambut seperti ketombe, rambut mudah patah dan rambut rontok.

11. Faktor keturunan


Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok, bahkan botak. Jika dalam keluarga ada riwayat terjadi rambut rontok, maka kemungkinan bisa terjadi pada anggota keluarga yang lain. Jika rambut rontok yang Anda alami disebabkan karena faktor keturunan maka cara mengatasinya perlu perjuangan berat, itu pun banyak yang belum berhasil.

12. Pengobatan penyakit


Misalnya saja kemoterapy, dan pengobatan sejenisnya. Hal itu bisa berakibat pada kerontokan rambut bahkan kebotakan. Banyak orang mengeluhkan rambut rontok setelah menjalani pengobatan kemoterapy, ini merupakan efek samping dari cara pengobatan itu.

13. Makan terlalu panas atau pedas


Sebaiknya anda menghindari makan makanan yang panas dan yang pedas, karena makan makanan panas atau pedas itu bisa menimbulkan banyak keringat di kepala yang mengakibatkan rambut menjadi kumal dan memicu terjadinya rambut rontok.

14. Stress


Berusahalah untuk selalu rilex dalam menghadapi semua masalah, jangan sampai strees, karena stress juga bisa memicu kerontokan rambut. Ketika orang mengalami stress maka otot – otot syaraf menjadi tegang. Hal ini bisa mengakibatkan akar syaraf rambut menjadi melemah, akibatnya rambut akan mudah rontok.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok yang perlu anda hindari. Meskipun kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari penyebab rambut rontok di atas, tapi bukan berarti kita sudah aman dari ancaman rambut rontok. Terkadang tanpa kita ketahui penyebab yang jelas rambut kita tiba – tiba rontok, hal ini sangat umum terjadi pada manusia. Oleh karena itu disini akan saya tuliskan beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok secara alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami


Apabila Anda telah menghindari beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok namun kerontokan rambut tetap saja terjadi, ada baiknya Anda berusaha mengatasinya dengan cara aman, yaitu dengan memanfaatkan bahan alami. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang mudah anda praktekkan :

1. Atasi rambut rontok dengan lidah buaya


Sejak dulu lidah buaya sudah dipercaya banyak orang bisa menyuburkan dan menyehatkan rambut. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Cuci bersih daun lidah buaya kemudian keluarkan gel nya,
  • Setelah itu oleskan gel lidah buaya tersebut pada rambut anda
  • Diamkan selama kurang lebih 15 – 20 menit, lalu bilas sampai bersih.
  • Lakukan ini dengan rutin 2 – 3 kali dalam seminggu.

Lidah buaya selain bisa untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan menghilangkan jerawat secara alami dan bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat

2. Dengan kemiri



Untuk mengatasi rambut rontok dengan kemiri dan akar rumput teki, silakan anda ikuti langkah – langkah berikut ini:

  • Ambillah 5 biji kemiri dan akar ruput teki ( yang menggelembung ) 10 biji
  • Tumbuk halus kedua bahan tersebut
  • Kemudian gunakan campuran bahan tersebut untuk keramas ( pengganti shampo )
  • Lakukan  tiap 2 hari sekali.

3. Atasi rambut rontok pakai daun seledri


Selain kedua cara di atas, anda bisa mengatasi rambut rontok dengan menggunakan daun seledri, adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Ambil daun seledri secukupnya lalu tumbuk sampai halus ( bisa menggunakan blender )
  • Kemudian gunakan untuk keramas ( pengganti shampo )
  • Lakukan tiap 2 atau 3 hari sekali

4. Dengan teh hijau


Teh hijau juga bisa anda gunakan sebagai bahan penyubur rambut atau obat anti rontok. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Seduh teh hijau dengan air hangat
  • Oleskan seduhan teh hijau tersebut di kulit kepala anda,
  • Diamkan selam satu jam, lalu bilas
  • Lakukan sehari dua kali

Demikian 4 cara mengatasi rambut rontok secara alami tanpa efek samping . Sebetulnya masih ada beberapa cara yang lain untuk mengatasi rambut rontok, namun 4 cara di atas saya rasa sudah cukup untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan