Cara Mujarab Menghilangkan Ketombe dengan cepat secara alami

Cara Menghilangkan Ketombe dengan cepat secara alami - Pernahkah kulit kepala anda terasa gatal – gatal dengan disertai jatuhnya serpihan – serpihan sel kulit di pundak ? itu adalah ketombe yang ada di kepala anda. Memang banyak orang yang sangat terganggu dengan adanya ketombe di kepalanya. Mereka sudah berusaha keras untuk menghilangkan, akan tetapi ketombe tidak kunjung hilang.

Ketombe itu memang tidak berbahaya, tapi sangat mengganggu dan menjengkelkan. Rasa gatal di kepala, selain mengganggu aktivitas juga menjadikan efek tidak nyaman pada diri kita. Belum lagi serpihan putih yang berjatuhan di pundak, itu sangat mengurangi rasa percaya diri kita. Terlebih lagi, jika kita memakai baju hitam, ketombe yang jatuh ke baju akan terlihat sangat jelas. Tentu hal ini sangat menjadikan ketidak nyamanan bagi kita. selain itu, ketombe juga bisa menjadi penyebab rambut rontok.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan tulis beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya ketombe, sehingga kita bisa menghindarinya.

cara-mujarab-menghilangkan-ketombe-dengan-cepat
image from pixabay

Penyebab timbulnya Ketombe


Ketombe adalah sel – sel kulit kepala yang mati yang disebabkan oleh bermacam – macam sebab, diantaranya adalah karena jamur. Jamur penyebab ketombe ini bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat apabila kita tidak berhati – hati sejak sedini mungkin . berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya ketombe :

1. Ketombe disebabkan karena kulit kering


Ketombe yang diakibatkan karena kulit kering biasanya berupa serpihan halus yang tidak begitu berminyak. Ini adalah penyebab umum terjadinya ketombe

2. Iritasi pada kulit berminyak


Iritasi pada kulit berminyak bisa mengakibatkan ketombe berwarna putih atau kuning. Iritasi ini biasanya terjadi karena kulit kepala digaruk garuk atau karena gigitan kutu rambut. Untuk itu, kalau kepala gatal tak usah digaruk terlalu keras.

3. Jarang keramas dengan shampoo


orang yang jarang keramas bisa mengakibatkan penumpukan sel – sel kulit kepala yang membentuk ketombe. Meskipun rajin keramas tapi kalau tidak menggunakan shampoo ya sama saja, rambut akan menjadi kumal dan kulit kepala gatal gatal.

4. Psoriasis


Psoriasis adalah gangguan pada kulit yang menimbulkan penumpukan sel kulit mati,. Hal ini bisa menjadi pemicu terjadinya ketombe.

5. Eksim


Eksim adalah gangguan kulit yang bisa terjadi dimana – mana, termasuk kulit kepala. Eksim yang terdapat pada kulit kepala bisa menjadi penyebab terjadinya ketombe. Untuk mengatasi eksim, silakan gunakan obat sesuai dengan petunjuk dokter, jangan asal pakai obat.

6. Kulit kepala sensitif


Orang yang mempunyai kulit kepala sensitif terhadap bahan tertentu juga bisa menjadi penyebab terjadinya ketombe. Terkadang ketombe ketombe muncul karena salah menggunakan shampoo atau semir rambut.

Itulah beberapa penyebab ketombe yang harus anda waspadai. Jika anda termasuk orang yang terkena ketombe, anda bisa mencoba beberapa tips dan cara menghilangkan ketombe secara alami di bawah ini

Cara Menghilangkan ketombe secara Alami


Langkah yang pertama untuk  menghilangkan ketombe adalah rajin – rajinlah anda keramas, karena semakin jarang anda keramas maka serpihan sel kulit mati akan semakin menumpuk yang mengakibatkan ketombe semakin parah.

Langkah kedua untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan cara di bawah ini ( pilih salah satu )

1. Hilangkan ketombe dengan jeruk nipis atau jeruk lemon


Untuk mengatasi masalah ketombe dengan menggunakan jeruk lemon atau jeruk nipis caranya adalah sebagai berikut :

  • potong tipis – tipis 2 – 4 buah jeruk nipis / lemon
  • kemudian peras airnya, setelah itu oleskan pada kulit kepala
  • diamkan selama kurang lebih ½ jam – 1jam kemudian bilas sampai bersih.
  • Lakukan langkah di atas secara rutin 2 -3 kali dalam seminggu.

2. Pakai lidah buaya


Lidah buaya adalah bahan alami yang telah dipercaya sejak zaman dahulu untuk perawatan badan baik untuk menjaga kecantikan kulit adan atau mengatasi berbagai macam masalah rambut. Adapun cara mengatasi ketombe pakai lidah buaya adalah sebagai berikut :

  • ambil gel daun lidah buaya secukupnya
  • kemudian usapkan pada rambut, setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit,
  • bilas sampai bersih.
  • Lakukan langkah di atas secara rutin 2 -3 kali dalam seminggu.

Selain untuk menghilangkan ketombe, lidah buaya juga sangat mujarab untuk menghilangkan jerawat secara alami dan menghilangkan bekas jerawat

Langkah ketiga untuk menghilangkan ketombe adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Sempatkan waktu untuk menjemur rambut di bawah sinar matahari karena sinar matahari itu bisa menekan tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Lakukan langkah ini secukupnya saja, jangan terlalu lama, karena apabila kelamaan malah bisa menjadikan kulit kepala menjadi kering.

Langkah keempat untuk menghilangkan ketombe adalah tidak mengikat atau  menutup rambut pada saat masih dalam keadaan basah atau lembab.

Itulah beberapa cara  menghilangkan ketombe dengan cepat secara alami. Semoga apa yang kami tulis di atas dapat menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat tubuh. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan