Cara Membuat Keripik Tempe Renyah dan Tahan Lama

Info tentang cara membuat keripik tempe agar renyah dan tahan lama  banyak dicari oleh masyarakat karena semakin hari peminat makanan ringan ini semakin membludak. Aneka macam pembuatan tempe kripik pun dicari seperti resep keripik tempe sagu, resep keripik tempe bandung dan bahkan ada yang ingin mengerti cara membuat keripik tempe pedas, crispy, balado dan aneka rasa. Tak jarang dari mereka yang membidik usaha keripik tempe untuk menopang ekonomi keluarga.

Keripik tempe merupakan salah satu olahan dari tempe yang berbentuk tipis dan renyah serta memiliki rasa yang begitu gurih. Keripik tempe saat ini memang sudah sangat populer di tanah air, karena selain rasanya yang nikmat, camilan yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Dengan modal yang relatif murah, Anda sudah bisa menjalankan usaha keripik tempe ini. Dan dalam pembuatan keripik tempe ini tidak dibutuhkan keterampilan khusus, hanya butuh kemauan, ketelatenan dan kesabaran.

Keripik tempe memang cocok sebagai teman bersantai bersama keluarga, karena rasanya gurih dan harganya juga tergolong murah. Akan tetapi bagi anda yang bertempat tinggal jauh dari penjual tempe keripik, ada sedikit kendala untuk mendapatkannya. Meskipun awalnya Anda terkendala untuk mendapatkannya tapi, jika anda bisa membuatnya sendiri maka sudah tidak ada kendala lagi untuk menikmati gurihnya tempe keripik, bahkan Anda bisa menjadikannya sebagai trobosan baru dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara-Membuat-Keripik-empe-Gurih
image from pixabay

Nah, sekarang mari kita bahas tentang resep dan cara membuat tempe keripik.Penasaran seperti apa caranya? Simak baik - baik langkah-langkah di bawah ini :

Cara Membuat Keripik Tempe Renyah


untuk membuat keripik tempe silakan Anda siapkan terlebih dahulu bahan - bahannya

Bahan Tempe Keripik

  • 10 Potong Tempe
  •  300 gr tepung beras
  •  100 gr tepung tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • air secukupnya untuk membuat adonan pelapis

Bumbu Halus Keripik Tempe

  • 50 gram kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 10 gram ketumbar
  • 8 lembar daun jeruk

Cara Membuat Keripik Tempe


  1. Langkah pertama, potong tipis tempe dengan ukuran ketebalan 1 mm atau jika anda ingin membuatnya porsi besar untuk diperjual belikan, bisa membuat tempe sendiri dengan ukuran tipis sehingga tidak perlu repot memotong tipis tempe tersebut
  2. Berikutnya, campur tepung tapioka, tepung beras, telur ayam dan semua bumbu halus kemudian tuangi air secukupnya sambil diaduk - aduk hingga menjadi adonan. Adonan ini akan dijadikan sebagai pelapis tempe keripik.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng, celupkan tempe dalam adonan pelapis lalu goreng sampai matang atau berubah warna menjadi kecoklatan
  4. Angkat lalu tiriskan

Bagi Anda yang lebih suka dengan tempe goreng renyah, kami ada tips sederhana loh ! Silakan simak ulasannya pada tips menggoreng tempe agar renyah.

Demikianlah cara membuat keripik tempe agar renyah dan tahan lama. Untuk menjaga agar tempe keripik tetap renyah, masukkan tempe keripik yang sudah dingin ke dalam t0ple$ kedap udara. Dan jika anda mau menjualnya, kemas keripik dengan menggunakan plastik berketebalan 05mm agar tempe keripik tidak cepat mlempem.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan