Cara beternak bebek petelur yang baik

Tags
Cara beternak bebek petelur -  Bebek atau itik adalah jenis unggas yang nenek moyangnya merupakan itik liar Amerika Utara. Namun lama kelamaan itik liar itu dijinakkan oleh manusia dan dibudidayakan untuk dimanfaatkan daging dan telurnya. Peternakan bebek berpusat di Negara beriklim tropis seperti Amerika Selatan, Amerika Utara, Inggris, Perancis, Filipina, Malaysia dan beberapa yang negara lain. Di Negara kita, ternak bebek banyak dijumpai di wilayah Jawa, Kalimantan, Bali dan Lombok.

Jenis bebek yang biasa diternak adalah  jenis bebek pedaging dan petelur. Adapun bebek petelur yang dibudidayakan oleh peternak bebek petelur di Negara kita adalah jenis bebek tegal, bebek mojosari, bebek bali dan jenis lain produk BPT ( Balai Penelitaian Ternak ) Bogor.

Cara Beternak Bebek Petelur

Cara beternak bebek petelur yang baik
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis ternak bebek petelur :

Kandang Bebek yang baik


Sebaiknya lokasi kandang bebek jauh dari keramaian, mudah dijangkau oleh transportasi dan mempunyai iklim yang kondusif. Jika lokasi kandang dekat dengan keramaian dan beriklim tidak stabil biasanya bebek petelur mudah stres sehingga produksi telur tidak maksimal. Selain itu kandang supaya diberi penerangan yang cukup. Kandang bebek diusahakan dari bahan yang awet, kuat dan tahan lama serta dilengkapi dengan wadah makan, wadah minum dan perlengkapan lain.

Secara garis besar kandang bebek terbagi menjadi 3 macam :
  • Kandang box
kandang ini digunakan untuk bibit bebek umur 1 sampai 15 hari. Kandang box berukuran 1m2 bisa digunakan untuk menampung anak bebek sampai 50 ekor.
  • Kandang Ren / kandang kelompok
Kandang ini digunakan untuk bebek umur remaja. Ukuran kandang ren disesuaikan dengan jumlah bebek yang mau menempati. Jangan terlalu sempit, karena bisa menyebabkan pertumbuhan bebek terhambat.
Kandang kelompok juga bisa digunakan untuk bebek usia produktif. Ukuran 3 X 2 Meter bisa digunakan untuk menampung 30 ekor bebek petelur.
  • Kandang baterei
Kandang ini digunakan untuk bebek petelur usia produktif. Biasanya satu kotak kandang batre digunakan untuk menampung 1 atau 2 ekor bebek.
Kandang bebek supaya selalu dijaga kebersihanya agar terjauh dari bibit penyakit yang tersebar dimana - mana.

Pemilihan Bibit Bebek Unggul


Dalam pemilihan bibit unggul ada bebera cara, antara lain :

  1. Membeli telur dari bebek unggul lalu ditetaskan sendiri
  2. Memelihara indukan jantan dan betina kualitas unggul, lalu telurnya ditetaskan sendiri. Karena bebek biasanya tidak mau mengerami telurnya
  3. Membeli bibit bebek dari tempat yang sudah punya rekomendasi dinas peternakan setempat

Perawatan Bebek  Dengan Baik


Perawatan bebek dimulai dari bibit itik yang baru menetas. Masukkan 50 ekor bibit bebek pada kandang box berukuran satu persegi yang dilengkapi dengan wadah pakan dan wadah minum. Pakan bebek di usia ini supaya menggunakan pakan jenis starter dan minumannya dicampur dengan mineral agar pertumbuhannya cepat.

Setelah bebek berumur 15 hari, pindahkan bebek pada kandang Ren / kelompok. Pemberian pakan pada usia ini masih menggunakan jenis pakan starter sampai umur genap 8 minggu. Untuk bebek umur 8 sampai 18 minggu gunakan pakan fase growser, dan umur 18 sampai 27 minggu, gunakan pakan fase layar. Semua jenis makanan bebek tersebut merupakan makanan jadi buatan pabrik yang bisa Anda jumpai di toko pakan ternak. Akan tetapi jika Anda ingin membuat ransum pakan bebek sendiri bisa menggunakan campuran dari jagung, bekatul, tepung tulang, tepung ikan dan lain - lain.

Bersambung...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan